Rabu, 15 Juli 2009

Hubungan Singkat

Aku teringat suatu senja di depan salah satu lampu merah surabaya ketika aku sedang berhenti. Tiba-tiba terdengar suara nguiiiing nguiing nguiiing, suara itu terdengar keras dan membuat aku berhenti lebih lama, kemudian terlihatlah beberapa mobil pemadam kebakaran yang melaju dengan kencangnya. Dalam benakku timbul pertanyaan, dimanakah ada kebakaran??

Di tv kita juga sering melihat berita kebakaran di berbagai penjuru dunia, banyak hal yang menyebabkannya, mulai mengeringnya hutan, kompor meledak, ataupun dibakar dengan sengaja. tapi disini tidak sedang membahas tentang sebab-sebab itu tetapi dibahas adalah kebakaran karena terjadinya hubungan singkat arus listrik atau yang biasa disebut dengan korsleting.

Sering terjadinya korslet karena kekurang tahuan masyarakat dalam hal listrik. Kadang membeli kabel tidak diperhatikan mutunyadan kegunaannya, yang penting kabel itu murah dan listrik menyala. kabel tersebut digunakan semaunya, misalnya kabel untuk ukuran arus yang amperenya kecil digunakan untuk yang amperenya besar, terkadang malah kabel tersebut disambung-sambung untuk banyak peralatan. Akibatnya karet yang menjadi isolasi antar kawat menjadi panas, ketika terjadi panas yang cukup lama maka bisa timbul percikan api. walaupun terjadi percikan hanya sekali karena listrik langsung diputus, tapi itu kadang-kadang bisa membakar kabel yang ada karena karetnya sudah panas,apalagi kalau didekat kabel itu ada barang-barang yang mudah terbakar yang sekali terkena percikan api langsung terbakar.

Seberapa seringkah anda memperhatikan hal-hal itu, apalagi memeriksa kabel-kabel dirumah anda??? apakah ada yang sudah tua umurnya ataukah ada yang digigit tikus? malah kebanyakan kalau ada yang langsung putus langsung disambung-sambung tanpa diberi isolasi yang baik.

Ada satu pertanyaan lagi? seberapa seringkah PLN sebagai perusahaan penyedia listrik mengedukasi masyarakat tentang hal ini? terutama pada waktu masyarakat memasang listrik untuk pertama kali??????

Tidak ada komentar:

Posting Komentar